Mengapa Mainan Kayu Tetap yang Terbaik

Oleh toy-tma –TMA, Terjemahan Tantan Yulianto

Seringkali sulit untuk mengalah pada tuntutan anak-anak Anda akan mainan terbaru, mainan mutakhir yang diiklankan di TV, begitu banyaknya alternatif di luar sana. Mainan kayu adalah cara terbaik untuk memberikan anak Anda hiburan dan pendidikan sekaligus tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam untuk isu terbaru, gemerlapnya mainan plastik.

Mainan kayu telah ada selama ribuan tahun, beberapa mainan pertama dalam sejarah mungkin terbuat dari kayu. Banyak alasan mainan seperti ini saat ini masih sepopuler dulu, anak-anak masih suka bermain dengan mainan yang terbuat dari kayu. Karena mainan jenis ini mengandalkan imajinasi dan kreativitas, daya tariknya dapat berlangsung lebih lama dari pada mainan yang terbuat dari plastik. Para orang tua sering menemukan bahwa anak-anak mereka cepat kehilangan minatnya pada mainan mewah yang baru hanya dalam beberapa hari saja, tetapi anak-anak akan selalu memainkan mainan seperti balok-susun selama bertahun-tahun. Saya rasa ini adalah karena ketika anak-anak bermain dengan mainan kayu, mereka benar-benar bermain, lebih dari sekedar terhibur atau malah mengundang rasa bingung. Dengan sedikit sentuhan imajinasi, mainan kayu juga fleksibel untuk dikombinasikan dengan jenis mainan lainnya.

Dengan desain yang estetis, warna-warna cerah dan bentuk-bentuk yang geometris, segera mampu mengundang selera anak-anak. Mainan kayu, untuk bayi dan anak-anak, mampu merangsang indera penglihatan, sentuhan, dan suara (dan mungkin rasa!), Sementara mainan kayu untuk anak-anak yang berusia sedikit lebih tua menjanjikan tantangan dan mendorong daya pemecahanan masalah. Ini merupakan sebagian kecil sebab mengapa mainan kayu begitu indah-mendidik. Mainan seperti ini merupakan cara terbaik untuk mengasah koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik anak-anak, dan mainan kayu membantu anak-anak mengembangkan kreativitas serta menumbuhkan kemampuan artistik mereka.

Tentu saja, sebagai orangtua, Anda bisa merasa lebih lega karena tahu bahwa mainan kayu anak-anak Anda aman dan ramah lingkungan. Jika putra-putri Anda menggigiti mainan mereka (seperti kebanyak anak-anak melakukannya), mainan kayu dengan bahan alami, cat atau biang pewarna non-racun tidak akan mencelakai putra-putri Anda sementara banyak mainan lain saat ini sarat dengan bahan plastik, zat kimia, dan PVC. Mainan kayu kebanyakan dikemas minim bahan mubazir. Tidak memerlukan baterai yang membahayakan anak-anak dan hanya akan berakhir di tempat sampah.

Selain itu, ada daya tarik estetika sederhana yang menyertai mainan kayu yang dibuat dengan baik. Tidak hanya kepuasan karena memilikinya di rumah, mainan seperti ini selalu awet selama bertahun-tahun, atau dari generasi ke generasi. Bagaimanapun, apakah Anda benar-benar berpikir bahwa anak-anak Anda akan dapat mewariskan robot plastik dengan segala bunyi dan sirinenya untuk adik-adiknya kelak?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s