Sejarah Mainan Kayu

Oleh Gary Clay, Terjemahan Tantan Yulianto

Mainan telah menjadi bagian penting dari masa kanak-kanak sejak awal peradaban. Meskipun anak-anak pada masa kini jauh berbeda dengan mereka pada masa ribuan tahun lalu, banyak mainan favorit mereka serupa dengan yang telah ada selama berabad-abad. Semasa kekaisaran Yunani dan Romawi kuno, telah diketahui bahwa anak-anak sudah bermain dengan boneka, kuda, dan kereta. Semua mainan paling awal yang ditemukan oleh para arkeolog juga terbuat dari kayu.

Mainan kayu terus berlanjut sebagai bagian umum dari masa kanak-kanak selama ribuan tahun. Pada tahun 1700-an, perajin mainan Jerman telah mulai membuat kreasi mainan kayu untuk dijual kepada masyarakat umum. Para Salesman berkeliling Eropa untuk memasarkan beragam mainan kayu populer, mendapatkan pesanan khusus bahkan menerima pembuatan mainan sesuai keinginan pemesan. Boneka dan hewan mainan yang menyerupai wujud aslinya menjadi mainan favorit anak-anak di seluruh Eropa.

Dalam kurun waktu abad berikutnya, para perajin mainan semakin menambah kerumitan dan lebih detail dengan kreasi kayu mereka. Miniatur kayu seperti rumah boneka dan panggung teater menjadi mainan populer selama abad ke-19, sama halnya dengan mainan tentara kayu. Kebanyakan mainan kayu, seperti Jack in a Box yang klasik, dilukistangan dengan warna-warna cerah yang hidup. Kereta api kayu lengkap dengan relnya yang juga terbuat dari kayu, adalah salah satu mainan terlaris selama periode ini.

Seiring dengan berakhirnya masa Perang Dunia II, sejumlah bahan baru, termasuk plastik yang masih populer, telah diperkenalkan ke dunia industri manufaktur. Produksi mainan kayu terus menurun karena semakin banyak dan banyak lagi pengrajin yang lebih memilih untuk memakai bahan yang murah dan lebih modern. Mainan plastik jauh lebih mudah untuk diproduksi massal dan lebih terjangkau bagi banyak keluarga yang memiliki anak-anak.

Kini, mainan kayu jarang dijumpai di rak-rak toko mainan tradisional. Namun pesona dan daya tarik dari masa kanak-kanak klasik masih bisa membuat sejumlah produsen mainan kayu tetap mempertahankan usahanya. Beragam mainan kayu dapat dibeli secara online, mulai dari peralatan miniatur hingga cinderamata kecil dan games.

Mainan kayu biasanya berupa suatu bentuk sederhana yang merangsang anak-anak memainkan imajinasinya. Puzzle kayu mampu mendorong perkembangan kognitif anak sama baiknya dengan mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Mainan tunggangan kayu dan mobil-mobilan berpedal dapat meningkatkan keterampilan fisik dan perkembangan motorik kasar. Baik berupa sebuah stasiun pemadam kebakaran atau rumah pertanian, paket mainan bangunan miniatur membantu perkembangan sosial dan emosional. Dengan kesederhanaannya, mainan kayu mengandung nilai pendidikan yang cukup besar.

Mainan plastik pada umumnya masih lebih murah jika dibandingkan dengan mainan kayu. Dianggap lebih aman karena sifat mainan kayu yang mudah terbakar dan mungkin dapat menjadi penyebab sakit dan luka akibat terlempar atau jatuhnya benda-benda dari kayu. Namun mainan kayu tidak mengandung PVC beracun seperti mainan plastik. Mainan kayu adalah mainan paling tahan lama dan biasanya mampu bertahan dari generasi ke generasi bermain.

Mainan kayu kini hanya dinilai keinovatifan, jika tidak lebih dari itu, dibanding mainan modern, mainan elektronik. Mobil, truk, dan perahu layar kayu menjadi hadiah yang indah dan mainan pull along yang dapat ditarik dengan tali atau lainnya cukup menyenangkan bagi balita. Permainan ketenangan seperti catur dan halma, dan bahkan tic-tac-toe bisa didapati terbuat dari kayu, begitu pula permainan fisik seperti cincin lempar. Untuk mainan yang memberikan manfaat pendidikan dan awet selama beberapa dekade, pilihlah mainan yang telah diuji oleh waktu, mainan kayu.

Gary Clay adalah seorang ahli dalam Mainan Kayu Tradisional dan pemilik toko anak-anak berkelas Monkeyshine pengecer Mainan Tradisional di internet [http://www.monkeyshine.co.uk/traditional-toys-21] di Inggris

Sumber Artikel: http://EzineArticles.com/?expert=Gary_Clay

Sumber Gambar: http://www.liveauctioneers.com/item/6966818

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s