MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian II)

CAMS

Cams berperan seperti komputer penyimpanan data yang dapat diubah menjadi suatu gerakan. Bisa berupa satu gerakan sederhana atau pun kompleks tergantung dari variasi bentuk dan ukurannya. Prinsip dasar sebuah Cam adalah mengubah gerakan berputar menjadi gerak lurus. Meski bentuknya sederhana dan mudah dibuat, sebuah Cam merupakan komponen terpenting, dan mungkin paling banyak dipakai. Lazimnya, sebuah Cam bekerja saling berhubungan dengan “Cam Follower”. Sesuai dengan namanya, Cam Follower bekerja mengikuti pergerakan Cam dan mengirimkan daya gerak pada ujung area kerja. Cam Follower berupa sebatang tongkat yang terbuat dari material kaku, seperti kayu atau logam, yang hampir selalu disertai penopang untuk membatasi gerak dan arahnya. Cam Follower dirancang memiliki ujung halus agar dapat mengikuti gerakan Cam dengan mulus. Hal ini penting untuk menjaga agar kedua komponen tersebut terhindar dari kemacetan.

Gambar diatas menunjukkan sebuah Cam yang mengubah gerak berputar menjadi gerakan naik-turun. Gerakan tersebut akan terus berulang selama Cam terus berputar searah jarum jam. Sebuah Cam tidak selalu berbentuk lingkaran, bisa diberi variasi tergantung efek gerakan yang kita inginkan.

Dalam merancang sebuah cam, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui reaksi apa yang Anda inginkan darinya. Apakah ia hanya akan membuat satu atau beberapa gerakan pada setiap putaran.

Cam berputar pada porosnya, untuk menghasilkan sebuah gerakan kita perlu mengubah letak titik porosnya. Dengan menggeser letak porosnya, Anda dapat menciptakan mekanisme mengangkat. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan beragam automata yang menakjubkan.

Untuk menentukan ukuran jarak angkat sebuah cam sangatlah mudah. Lakukan pengukuran mulai dari titik pusat hingga titik terendah dari lingkar cam, kemudian dikurangi dengan besarnya jarak dari titik pusat hingga titik tertinggi.

Kalkulasi seperti ini menghasilkan besaran jarak angkat yang dibuat oleh sebuah cam.

Topik terkait: Cams, Cranks, Gears, Ratchets, Pulleys


Iklan

2 responses to “MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian II)

  1. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian I) | TurtlEmotion Multimedia

  2. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian III) | TurtlEmotion Multimedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s