MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian III)

CRANKS (Engkol)

Cranks, atau Engkol, serupa dengan Cam sederhana yang mengkonversi gerak melingkar menjadi gerak timbal-balik naik-turun, atau kebalikannya. Namun demikian, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Crank hanya bisa menyajikan gerak melingkar saja dan hanya bisa menimbulkan reaksi tunggal pada setiap satu putarannya.

Sekali pun Crank hanya berjalan dalam gerak melingkar, namun masih bisa dirancang untuk sekaligus menghasilkan efek gerak sisi ke sisi bersamaan dengan gerak naik-turun (yang tak mudah dihasilkan oleh Cam) dan ketika diaplikasikan untuk Automata, Anda bisa menciptakan efek yang istimewa. Keistimewaan lain dari Crank adalah pada gerakan naik atau pun turun, keduanya mengandung tenaga/daya. Artinya, Anda tidak perlu terlalu bergantung pada gaya gravitasi seperti halnya pada Cam.

Crank memiliki banyak kegunaan. Yang utama adalah sebagai pemicu-gerak mekanisme Automata yang dioperasikan dengan tangan. Perhatikan untuk selalu memasangkan Crank pada suatu penopang. Dalam hal ini, sisi-sisi kotak bertindak menyangganya. (Selengkapnya akan dibahas dalam artikel khusus.)

Contoh diatas adalah hasil penggabungan dua komponen dasar, serangkaian Cams dengan Cranks yang menghasilkan otomata ulat berjalan.

Topik terkait: Cams, Cranks, Gears, Ratchets, Pulleys

Iklan

2 responses to “MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian III)

  1. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian I) | TurtlEmotion Multimedia

  2. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian II) | TurtlEmotion Multimedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s