MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian VI)

THE POWER OF PULLEYS

Cara kerja katrol, atau pulley, serupa dengan gear. Hanya saja, ia tidak saling bersentuhan secara langsung melainkan dihubungkan dengan sabuk yang terbuat dari bahan karet elastic, pegas, atau materi lain yang fleksibel namun kuat. Contoh sederhana bisa ditemukan pada sabuk kipas dalam mobil yang menghubungkan sejumlah katrol. Guna mencegah sabuk agar tidak tergelincir dan lepas, katrol dibuat memiliki ceruk. Ceruk ini juga berguna untuk membuat sabuk berjalan sesuai pada jalurnya. Katrol yang menggunakan format sabuk kendali dikenal dengan istilah mekanisme “Friction Drive”.

Katrol mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan gears, namun ia juga memiliki beberapa kekurangan. Kelebihan yang utama adalah, katrol mudah dibuat dan dapat dipasang dengan jarak renggang satu sama lainnya, tidak seperti gear yang harus dipasang saling bersentuhan agar bisa bekerja. Kekurangannya adalah, karena ia bekerja mengandalkan friksi, ia bisa saja tergelincir, hal ini bisa sangat mengganggu dan mengacaukan timing pada sebuah automata yang kompleks. Anda bisa mendapatkan katrol dan sabuk bergerigi yang bisa mencegah slip dan permasalahan pada timing. Banyak mobil yang memiliki sabuk cam yang bekerja dalam prinsip seperti ini. Beberapa toko penjual mainan model menyediakan komponen khusus, termasuk katrol bergerigi meski tentu berharga cukup mahal. Dalam beberapa kondisi, sistim ini memang sipel dan sangat efektif diterapkan dalam mekanisme automata yang secara umum memanfaatkan sistem friksi sabuk. Sabuk katrol bisa digantikan oleh rantai, contohnya seperti sistim yang ada pada sebuah sepeda.

 

Topik terkait: Cams, Cranks, Gears, Ratchets, Pulleys

Iklan

4 responses to “MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian VI)

  1. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian III) | TurtlEmotion Multimedia

  2. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian IV) | TurtlEmotion Multimedia

  3. Ping-balik: MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian V) | TurtlEmotion Multimedia

  4. Perlu diberikan contoh perhitungan kekuatan katrol seperti pada sepeda dimana kekuatan kecil jadi kekuatan besar dengan berbagai dengan sgl konsekkwensi logisnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s