MERANCANG DAN MEMBUAT AUTOMATA (bagian VIII)

PANDUAN DESAIN

Mengolah Gagasan

Adalah hal yang cukup penting bahwa gerakan pada automata mengacu pada karakter sesungguhnya. Jika figurnya berupa binatang, gerakannya harus berdasar pada kenyataan gerak-gerik dan tingkah laku binatang tersebut. Misalkan, seekor anjing menggoyang-goyangkan ekornya dengan cepat sementara mulutnya menganga dan mengatup seolah-olah sedang mengonggong. Jika seekor kucing, gerakan ekornya lebih lambat, bergoyang ke kiri dan kanan, sementara mulutnya menganga dan mengatup lebih lambat untuk membedakan antara mengeong dengan menggonggong.

Ada baiknya untuk memulainya dengan melakukan pengamatan pada hewan dan manusia agar Anda bisa menentukan gerakan yang Anda kehendaki. Tentu saja, Anda pun bisa membuat automata Anda menggelikan dengan menampilkan gerakan yang tidak biasa. Contohnya Anda membuat binatang yang berperilaku seperti manusia. Hal ini seringkali cukup berhasil.

Merancang Mekanisme

Saat Anda sudah mendapatkan ide skenario gerakan yang Anda ingini, selanjutnya adalah merancang mekanisme yang dibutuhkan untuk mewujudkan gerakan yang dikehendaki itu. Anda bisa memanfaatkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk membantu Anda melukiskan mekanisme yang diperlukan.

INPUT

OUTPUT

  • Apa tipe gerakannya?
  • Bagaimana arah gerakannya?
  • Bagaimana bentuk poros rotasinya?
  • Bagaimana pembagian gerakannya?
  • Bagaimana kecepatan geraknya?
  • Bagaimana ukuran daya yang diperlukan?

Menopang Mekanisme dan Figurnya

Automaton Anda akan membutuhkan suatu bingkai atau kotak sebagai tempatnya berdiri. Kotak tersebut memiliki dua fungsi. Pertama, sebagai wadah rangkaian mekanik, karena itu Anda harus benar-benar menentukan ukurannya dengan hati-hati. Anda juga perlu mempertimbangkan dimana Anda akan memasang poros-poros dan pegas dan dimana batang pendorong atau kawat akan terpasang kemudian bisa menembus ke atas sampai menyentuh rangkaian automatonnya.

Keselarasan yang akurat sangat penting dan memerlukan rencana pembuatan yang teliti agar bisa memenuhinya. Anda akan menemukan manfaatnya nanti jika Anda membuat mekanisme yang mudah disesuaikan. Jadi jika Anda telah merangkainya, Anda masih bisa sedikit menggeser dan menyesuaikannya hingga mendapatkan performa yang paling baik.

Kedua, penopang bisa untuk menunjukkan atau pun menyembunyikan rangkaian mekanismenya. Keputusannya terserah Anda, apakah mekanisme di dalamnya tertutup atau untuk berbagi rahasianya dengan penikmat automata karya Anda.

Karena penopang ini termasuk bagian dari keseluruhan karya automata Anda dan akan terlihat oleh penikmat atau penggunanya, pastikan untuk membuatnya dengan rapid an menarik.

Membuatnya Berfungsi

Banyak automata modern dioperasikan dengan tangan. Dengan cara ini, pengguna bisa mengatur kecepatan pengoperasiannya sendiri dan terlibat langsung dengan mesinnya. Penggunaan motor jam memungkinkan pengguna untuk terlibat dan menyaksikan apa yang terjadi dari jauh. Anda bisa memanfaatkan dynamo bertenaga baterai dan mengendalikannya dengan saklar.

Anda bisa menambahkan rangkaian listrik untuk melengkapinya dengan lampu atau suara seperti untuk kedipan mata atau raungan binatang. Beberapa desainer juga telah memanfaatkan curahan air atau embusan uap panas untuk memutar turbin sebagai sumber tenaga penggerak.

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini akan membantu Anda memutuskan metoda mana yang terbaik untuk karya automata Anda.

  • Bagaimana caranya Anda memastikan bahwa metoda yang Anda pakai cukup andal?
  • Bagaimana caranya Anda memastikan karya Anda tidak mudah rusak?
  • Apa yang mungkin disukai pengguna untuk mengerakkan automata, dengan menarik tuas, memutar kemudi, menekan atau memutar dan menggeser sakelar, atau dengan kunci penggulung pita pegas?
  • Bagaimana membuat pengguna tahu apayang harus dilakukan untuk menggerakkannya?

Diterjemahkan dari/Sumber Asli: Product Design, Design Guide 2: Automata,  www.secondarydandt.org, the website of Nuffield Design & Technology

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s